Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Layar Komputer

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Layar Komputer

Seseorang yang sering berhadapan dengan layar komputer sangatlah rawan bagi kesehatan mata, apalagi jika sobat menghadap layar lebih dari 5 jam itu sangat berbahaya jika sering dilakukan berkali - kali.


Jika memang sobat harus dihadapakan dengan layar komputer atau laptop dengan alesan berbagai hal seperti sobat bekerja yang memang sehari-hari melihat komputer atau laptop, atau sobat seorang blogger mania pastinya sangat betah sekali menghadap layar komputer.

Untuk mengantisipasi dan menjaga kesehatan mata sobat berikut ini akan saya berikan sedikit tips menjaga kesehatan mata dari layar komputer yang mungkin bisa bermanfaat.


  • Selalu posisikan duduk berhadapan dengan monitor, dibuat senyaman mungkin.  
  • Perhatikan jarak antar mata dengan monitor. Diusahakan jangan terlalu dekat melebihi jarak 30 cm. Dan jangan pula terlalu jauh, sebab bisa membuat mata dipaksakan fokus pada grafik komputer.
  • Atur warna dan cahaya komputer sesuai dengan kenyamanan mata.
  • Alihkan perhatian setiap 15 Menit sekali untuk memandang objek yang jauh (terutama lingkungan yang hijau), Usahakan istirahat 30 Menit setelah 2 jam.
  • Ada baiknya saat anda bekerja dalam waktu yang lama di depan latar komputer atau laptop, anda menggunakan kacamata anti radiasi yang akan melindungi mata anda dari radiasi cahaya yang berlebih. Karena faktanya lapisan anti-radiasi yang terdapat pada kacamata tersebut sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri pada mata anda saat terkena radiasi cahaya dari layar monitor anda.
  • Salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan dan mengurangi rasa nyeri pada mata anda adalah dengan berkedip. Saat anda sedang serius mengerjakan sesuatu atau bermain game kadang anda akan lupa mengedip karena anda terlalu berkonsentrasi. Padahal dengan mengedip, mata akan terlumasi oleh cairan mata dan hal ini akan meringankan dan melemaskan otot-otot disekitar mata anda.
  • Jangan memaksakan mata berhadapan dengan komputer dalam keadaan gelap. Lebih baik dinyalakan saja lampu.
  • Jika membaca tulisan di tampilan monitor terlalu kecil, dan tulisannya banyak juga panjang, lebih baik copy saja pada microsof word, dan sesuikan besar huruf agar enak dibaca. Atau, jika malas mengcopy, gunakan/ tekan Ctrl + agar tampilan website-nya membesar, dan otomatis huruf - hurufnya pun akan ikut membesar.
  • Jika anda masih menggunakan monitor yang berbentuk balok, yang kacanya cembung. Diusahakan menggantinya dengan layar LCD atau LED. Sebab kedua monitor jenis itu radiasinya lebih kecil.

  • Makanan pun sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Memperbanyak makanan bervitamin A, sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata dari layar komputer, semoga tips tersebut dapat membantu para pembaca, selamat mencoba! semoga berhasil.

sumber : http://ruhadianst.blogspot.com


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 21.52 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate